microfiber

microfiber
mipacko

Rabu, 23 Maret 2016

Microfiber, Inovasi Baru Dalam Kebersihan

Baru-baru ini terjadi demo anarkis yang dilakukan oleh para supir Taksi Bluebird juga supir-supir angkutan umum seperti supir bajaj. Mereka menuntut pemerintah untuk memblokir aplikasi transportasi online, karena mereka mengalami penurunan pendapatan atau penghasilan. 

Ketika kebanyakan orang mulai menggunakan transportasi online, seperti Uber Taxi, Grab Car dan Go-Jek, maka Taksi konvensional (Bluebird Taxi) dan angkutan-angkutan umum seperti Metro Mini atau Kopaja, lambatlaun (sudah) akan ditinggalkan. Kenapa orang meninggalkan angkutan umum ini ? Jawabannya menurut saya karena sebuah Inovasi. Inovasi teknologi menciptakan sebuah aplikasi berbasis internet yang memudahkan masyarakat untuk mobilitas kita. Inovasi ini besar atau kecil mempengaruhi cara bersosialisasi masyarakat, sehingga mempermudah hidup kita.





Inovasi atau penemuan terus diciptakan dalam perubahan yang berkelanjutan, contoh lainnya adalah dalam bidang kebersihan. Menurut kebanyakan orang, bersih-bersih adalah sebuah pekerjaan yang suka dibenci. Tapi siapa yang menduga bahwa akan ada cara yang lebih baik untuk mempermudah pembersihan. Jika Anda sudah mencoba kain lap pembersih microfiber terbaru, Anda akan tahu teknologi yang benar-benar dapat membuat hidup lebih mudah. Lap Microfiber tidak hanya lebih higienis, mereka juga menghindarkan kita akan deterjen yang mahal dan kebanyakan deterjen yang berbahaya. Lap Microfiber juga menciptakan pembersihan yang lebih baik dengan waktu yang singkat. Hal ini bukan sulap atau sihir tapi hasil dari inovasi ilmu pengetahuan. Mari kita cari tahu bagaimana hal ini bekerja!

Membersihkan dengan sabun dan air

Air cukup baik untuk membersihkan banyak hal dengan sendirinya. Itu karena molekulnya memiliki dua ujung yang sangat berbeda (satu molekul air tersusun atas dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen). Air secara elektrik tidak seimbang, sehingga mereka menempel pada segala macam hal (termasuk gumpalan debu) seperti magnet kecil dan membuat mereka terpisah. Air kadang-kadang disebut pelarut universal karena dapat melarutkan banyak hal. Apabila air saja tidak cukup membantu pembersihan, maka Anda dapat beralih ke deterjen (sebuah sabun yang secara kimiawi dapat menempel pada kotoran dan lemak, menghancurkannya, dan membuat molekul air untuk lebih mudah membilas bersih.



Banyak orang tidak suka menggunakan deterjen, karena orang harus mengeluarkan uang ekstra untuk membelinya. Masalah lainnya adalah mereka dapat menyebabkan reaksi alergi dan keluhan kulit, gatal-gatal atau eksim. Beberapa orang khawatir kalau terlalu sering menggunakan deterjen dan pembersih, dalam upaya untuk membuat rumah kita lebih bersih dan lebih higienis, menggerogoti cara sistem kekebalan tubuh kita secara alami dalam mempertahankan diri melawan kuman. Keluhan lain adalah bahwa deterjen tidak langsung menghilang di udara. Deterjen mengandung bahan kimia yang mengalir ke bawah saluran air kita ke sungai dan laut, di mana mereka secara bertahap membangun dan menyebabkan pencemaran air. Kita mungkin akan membuat rumah jadi bersih, tapi kita membuat lingkungan kotor dalam prosesnya. Untuk semua alasan ini (dan beberapa lagi), banyak orang akan senang untuk dapat membersihkan rumah mereka tanpa bahan kimia apapun-dan di sini lah peranan microfiber dapat membantu pembersihan.


Apa Yang Dimaksud dengan Microfiber ?
Microfiber adalah istilah terminology yang digunakan untuk menjelaskan serat yang diproduksi secara sangat halus dan nama teknologi untuk pengembangan serat ini. Bahan untuk membuat serat ekstra halus ini menyediakan sebuah pemberian yang superior, dan kehalusan yang luar biasa yang muncul didalam kain lap pembersih, handuk, kain pel dan banyak aplikasi lain yang dikembangkan seperti dalam jubah mandi, handuk bayi dan lain-lain.

Banyak definisi tentang benang microfiber, tetapi kebanyakan mengatakan dalam bahasa umum yaitu; benang yang berukuran kurang dari 1 denier. Referensi nama microfiber terbentuk oleh pengembangan teknologi serat yang teramat sangat halus yang kalau diukur hanya berdiameter 0,006mm. artinya 10 kali lebih halus daripada sutra, 30 kali lebih halus daripada katun, 40 kali lebih halus daripada wool, dan 100 kali lebih halus daripada rambut manusia. 1pound serat ini saja dapat melingkari equator bumi lebih dari 10 kali. Diameter atau kehalusan atau serat benang—semakin kecil angkanya, semakin halus seratnya, yang pada hasilnya akan lebih efektiv untuk membersihkan permukaan.





Terbuat Dari Apa Microfiber ?
Terdapat empat tipe microfiber sintetis yang diproduksi. Tapi pada detik ini bahan untuk kain pembersih microfiber pada umumnya menggunakan kreasi dari dua polymers, yaitu nylon dan polyester. Polyester adalah lyophilic yang menjamin menarik kotoran dan minyak sedangkan polyamide (nylon) adalah hydrophilic yang menjamin penyerapan air.

Rasio umum pada dua polymer tercampur adalah 80% polyster dan 20% polyamide; kalau campuran 70/30 akan menyerap air lebih cepat. Karena polyamide lebih mahal dari polyester, maka diharapkan lebih banyak untuk menggunakan campuran 70/30. Memang benar bahwa polyamide lebih menyerap daripada polyester. Sebuah handuk yang terbuat dari campuran 70% polyester dan 30% polyamide tidak secara otomatis lebih baik daripada handuk pengering yang campurannya 80/20 (secara respektif). Pengrajutan dan pengolahan serat (splitting) akan menentukan kemampuan bagus atau tidaknya sebuah handuk sama seperti atau lebih pencampuran material. Tanpa proses splitting, tidak ada bedanya dengan benang sintetis (polyester) biasa. Splitting adalah sebuah proses pemisahan antara polyester dan nylon sehingga menciptakan jutaan retakan dalam jumlah yang terkunci (16 bagian terpisah yang bersilang/16 segment yang berbeda berbentuk “V”/berbentuk alur bintang). Ini juga biasa disebut dengan weight deduction proses (proses pengurangan berat) karena sebagian kecil polyester dilelehkan dengan solusi NaOH (Sodium Hydroxide). Penggunaan proses splitting yang tidak sempurna akan mengurangi kualitas bahan microfiber. Proses ini harus dilakukan secara sempurna; proses splitting yang berlebihan akan menyebabkan benang rusak dan proses splitting yang terlalu sedikit akan menyebabkan benang kehilangan fungsi baiknya.


Kenapa kain microfiber sangat efektif untuk membersihkan dan mengeringkan?

Serat-serat halus
Microfiber menembus permukaan pada level yang lebih halus daripada serat biasa, sambil menghilangkan kotoran dan lemak pada level yang lebih tinggi dan menciptakan permukaan yang lebih luas dari keseluruhan area, 40 kali lebih luas daripada serat biasa, karena pecahnya serat ketika proses splitting. dan menciptakan listrik statis, seperti magnet, polyester dan polyamide yang secara natural memiliki daya listrik positif yang akan menarik daya negative dari debu, kotoran, kutu, tungau dan bahkan membersihkan benda pada level micro seperti bakteri, sehingga penggunaan kimia dikurangi atau tidak diperlukan, maka hal ini dapat memberikan lingkungan yang lebih sehat melalui pengurangan kimia yang terlepas ke alam lingkungan.


Capillary Power
Hal ini tercipta karena jutaan serat yang bergelombang, tercipta ketika proses splitting, yang membuat produk ini menyerap baik secara extreme (7 kali dari berat air). Ketika digunakan saat basah serat-serat yang sangat halus di dalam kain menciptakan capillary effect, menyedot dan menahan cairan/kotoran dari permukaan ke dalam serat-serat kain.
Meskipun produk microfiber mungkin berukuran sama dengan permukaan yang dibersihkan, tapi microfiber lebih besar. Karena microfiber sangat halus, permukaan produk microfiber meningkat dan area untuk menyimpan kotoran dan lemak melalui aksi capillary menjadikan penyimpanannya jauh lebih besar daripada produk biasa.
Dengan aksi efek capillary menyedot kotoran/debu dari permukaan mengunci didalam serat dan hanya sebentar saja partikel kotoran dibebaskan kembali ke permukaan—sehingga cepat kering. Lebih cepat kering 1/3 waktu daripada handuk pembersih biasa.
Jutaan ujung-ujung serat yang tajam dipotong sampai kering—diberi warna, menarik dan menyerap kotoran dan particle micro, membuat serat mampu membersihkan dan menyemir pada saat bersaman, menghilangkan kebutuhan pembersih kimia tambahan. Untuk itu, hanya air saja yang dibutuhkan untuk membersihkan permukaan apapun.
Semua manfaat ini membuat produk microfiber bertahan sangat lama jauh melebihi biaya, bila dibandingkan dengan pembersih kain katun atau lap pel katun.

Manfaat dan faedah microfiber
Kain microfiber adalah hypoallergenic, tidak menyebabkan masalah dengan penderita alergi atau astma.
Kain microfiber menyerap dengan super, menyerap 7 kali dari berat air yang diserapnya.
Kain microfiber kering lebih cepat 1/3 dari kain pembersih biasa.
Kain microfiber ramah lingkungan, tidak membutuhkan sabun atau kimia apapun.
Kain microfiber tidak mengelupas dan tidak abrasive.
Kain microfiber dapat digunakan ratusan kali.
Kain microfiber dan pel, hanya digunakan dengan air saja, 99,94% efektif menghilangkan bakteri dari permukaan halus, jika dibandingkan dengan kain dan lap pel biasa dengan memakai Lysol atau pemutih, yang hanya efektif 91,89%.
Kain microfiber 4 kali lebih efektif daripada kain pembersih biasa. Lebih lux dan tahan lebih lama daripada produk pembersih lain karena kain microfiber mengandung 200.000 lebih serat per inchi persegi.
Produk microfiber tidak menyebabkan secara negative nilai kilauan dari permukaan yang sedang dibersihkan.
Mengurangi kesempatan tumpahan kimia ketika menggunakan kain microfiber dan lap pel microfiber karena pada kenyataannya cairan kimia memang tidak dibutuhkan.

Jika kain microfiber begitu bermanfaat, mengapa tidak lebih populer?
Kain lap microfiber jauh lebih dikenal secara luas dan digunakan di Eropa daripada di Asia terutama Indonesia. Mengapa? Pasar untuk Bahan kimia rumah tangga bernilai puluhan miliar Rupiah untuk perusahaan kimia besar dan toko-toko yang menjual mereka; mereka memiliki sedikit atau tidak ada insentif untuk mendapatkan balik teknologi sederhana yang merongrong produk mahal mereka. Perusahaan seperti ini telah menghabiskan uang untuk iklan selama beberapa dekade, dengan senang hati meyakinkan sebagian besar dari kita bahwa kita perlu membersihkan rumah kita dengan pembersih buatan pabrik mereka dalam perang yang tidak pernah berakhir dengan kuman. Apakah mengherankan, apabila kita skeptis terhadap "Sihir Microfiber". Kain lap yang menjanjikan untuk mendapatkan rumah yang higienis dan bersih hanya dengan air?

Jika Anda masih ragu, cobalah salah satu kain lap microfiber. Dan ingat jangan aneh kalau sekali seka kotor langsung hilang. Apa yang membersihkan rumah Anda itu adalah bukan sihir tapi Inovasi dari ilmu pengetahuan!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar