Restoran harus menjaga lingkungan yang bersih dan higienis untuk kesehatan dan keamanan para karyawan dan pelanggan. Setiap aspek dari fasilitas harus dibersihkan dengan benar untuk menjamin persiapan makanan yang aman dan penanganannya. Manajer restoran harus hati-hati memeriksa daerah dapur, ruang makan dan toilet, serta memastikan bahwa restoran memenuhi persyaratan kesehatan dan sanitasi yang ditetapkan oleh pemerintah setempat.
Dapur adalah salah satu daerah yang
paling penting di restoran untuk tetap bersih. Daerah ini terkena berbagai
kemungkinan bahan kontaminan. Koki, Pramusaji, tukang bersih-bersih meja
(busser) dan bahkan kasir memiliki akses ke dapur dan berpotensi mencemari
produk makanan. Makanan mentah juga menimbulkan risiko kesehatan jika permukaan
yang bersentuhan dengannya tidak dibersihkan dengan benar. Untuk membersihkan
dapur restoran dengan benar, karyawan harus membersihkan peralatan dan
permukaan yang bersentuhan dengan instrumen makanan, dan harus melakukannya
setelah setiap tugas, misal kasir harus ikut mengerjakan tugas bersih-bersih
disekitar mejanya. Peran dinas kesehatan daerah masing-masing juga ikut serta
dalam membantu kebersihan restoran dengan menetapkan jenis yang tepat dari
desinfektan dan pembersih. Pekerja dapur harus memanfaatkannya saat mencuci
piring, serta memiliki cara penyimpanan yang tepat untuk makanan yang mungkin
mengandung patogen yang ditularkan melalui darah. Barang-barang dapur seperti
talenan, blender, panggangan dan countertops juga harus didesinfeksi.
Kebersihan ruang makan diperlukan untuk alasan keamanan dan untuk menjaga penampilan keseluruhan pembentukan sebuah restoran. Ruang makan biasanya area pertama yang dilihat pelanggan ketika mereka memasuki restoran. Pengunjung dapat meninggalkan restoran jika ruang makan tampak tidak bersih. Karyawan restoran dapat membersihkan ruang makan dengan benar secara menyeluruh area permukaan yang bersentuhan dengan pelanggan, seperti atasan bar, meja dan kursi. Pembersihan harus dilakukan dengan handuk bersih yang belum digunakan pada permukaan di area lain, seperti toilet atau dapur. Hal ini juga diperlukan untuk menjamin botol bumbu dan menu yang didesinfeksi secara teratur.
Lantai restoran yang kotor yang
tidak sedap dipandang dapat menimbulkan risiko keamanan bagi karyawan restoran
dan pelanggan. Banyak perusahaan menempatkan keset besar di pintu masuk
restoran untuk mencegah kotoran dari luar terbawa ke dalam. Pekerja harus
sering menyapu dan mengepel dekat pintu keluar masuk restoran juga bilik bawah
keset serta kolong meja supaya tetap bersih. Pembersihan secara teratur dengan
sabun, air dapat membantu membersihkan penumpukan tanah di ubin. Jika terjadi
tumpahan segera dibersihkan sampai kering, supaya tidak ada yang terpeleset.
Toilet adalah area penting lainnya yang harus dirawat dan sering dibersihkan. Biasanya toilet dipakai bersama dengan karyawan dan pengunjung. Pembersihan toilet dengan benar membantu mencegah kontaminasi silang dari karyawan pada produk makanan dan peralatan makan. Untuk pembersihan toilet dengan benar, karyawan harus menggosok keramik toilet dan kursi, serta lantai di sekitar toilet. Semua gagang pintu dan keran wastafel harus didesinfeksi. Daerah permukaan sekitar wastafel harus didesinfeksi dan dikeringkan. Dispenser untuk sabun, handuk kertas dan kertas toilet juga harus diisi penuh. Karyawan harus sering memantau toilet untuk kenyamanan dan kebersihan bersama.
Membersihkan Toilet |
Bagi pemilik restoran atau cafe sebaik segera mendaftarkan usahanya untuk mendapatkan sertifikat laik hygiene sanitasi rumah makan dan restoran. Syarat-syarat untuk mendapatkan sertifikat laik hygiene sanitasi rumah makan dan restoran adalah :
- Mengajukan permohonan
- Fotokopi KTP pemohon
- Peta lokasi dan gambar denah bangunan
- Surat penunjukan penanggungjawab rumah makan dan restoran
- Fotokopi sertifikat kursus hygiene sanitasi makanan bagi pengusaha
- Fotokopi sertifikat kursus hygiene sanitasi makanan bagi penjamah makanan minimal 1 orang penjamah makanan
- Rekomendasi dari Asosiasi Rumah Makan dan Restoran
- Survey lokasi meliputi pemeriksaan lokasi bangunan, fasilitas sanitasi, dapur, ruang makan, gudang penyimpanan, pengelolaan bahan makanan dan makanan jadi, peraturan dan tenaga baik secara fisik, kimia maupun bakteriologis serta pengawasan lalat, kecoa, tikus dan hewan peliharaan.
- Pengurusan sertifikat laik hygiene dan sanitasi rumah makan dan restoran TIDAK DIPUNGUT BIAYA atau GRATIS, kecuali pemeriksaan laboratorium.
Restoran bersih dan nyaman |
Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk pembaca. Apabila Anda membutuhkan kain lap pembersih microfiber, pel lantai, dan produk yang berbasis microfiber, untuk fasilitas cafe dan restoran atau Hotel Anda, bisa Anda dapatkan secara online klik disini:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar