microfiber

microfiber
mipacko

Jumat, 12 Mei 2017

6 Tips Merawat Tas Kulit agar Lebih Awet

Tas berbahan kulit memang cenderung lebih tahan lama, asal dirawat dengan cara yang tepat. Jika cara perawatannya salah, tas yang kamu beli dengan harga yang tergolong cukup mahal ini justru dapat rusak dengan mudah. Pada dasarnya, Aksesoris yang terbuat dari bahan kulit seperti tas kulit memang cenderung lebih tahan lama dan membuat orang yang memakainya terlihat lebih berkelas. Tidak heran jika tas kulit dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal dari tas berbahan lainnya, dan banyak juga orang yang menggunakan tas jenis untuk untuk menunjukkan status sosial mereka.

Tapi bagaimana bila tas yang kamu beli dengan harga yang mahal jadi rusak dan tidak bisa dipakai lama? Beginilah tips mudah yang bisa anda pakai untuk menghindari hal tersebut.



1. Menghindari jamur
Tas berbahan lain seperti kain tidaklah mudah terkena jamur, tetapi berbeda dengan tas berbahan kulit yang cenderung lebih mudah terkena jamur. Maka, diperlukan perawatan khusus agar tas kulit terhindar dari tumbuhnya jamur. Bila tidak digunakan, simpanlah tas kulit di dalam lemari yang telah kamu lengkapi dengan kamper atau silica gel untuk menyerap kelembaban. Selain itu, binatang-binatang kecil seperti ngengat yang dapat memakan bagian luar tas akan menghindar karena tidak menyukai aroma kamper. Bukalah pintu lemari sesekali agar udara di dalam lemari tidak lembab dan sirkulasi udara menjadi lancar. Biasakanlah untuk membungkus tas dengan menggunakan tas penyimpanan berbahan kain agar terhindar dari debu.

2. Jauhkan dari plastik
Plastik merupakan musuh terbesar untuk bahan kulit. Bahan plastik ini dapat menyerap warna pada kulit luar tas jika disimpan dan bersentuhan dengan plastik. Akhirnya akan muncul noda seperti jamur pada tas, bahkan plastic akan membuat tas kulit mengelupas jika menempel dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, hindari menyimpan tas menggunakan bungkusan plastik. Akan lebih baik jika kamu menggunakan tas penyimpanan yang berbentuk kain, yang tentunya juga akan memperlancar sirkulasi udara yang masuk.

3. Hindari dari sinar matahari langsung
Tas berbahan kulit sangat mudah retak pada bagian luarnya. Karena itu, sebaiknya kamu menghindari tas kulit kamu dari paparan matahari secara langsung, terutama dalam waktu yang lama. Jika kamu terpaksa harus beraktivitas di luar dan langsung berhadapan dengan matahari, sebaiknya kamu menggunakan tas dengan bahan lain seperti bahan kain, denim atau lainnya. Selain merusak tesktur kulit, sinar matahari juga membuat warna tas kamu menjadi lebih cepat pudar dan kusam. Kamu pasti nggak mau tas kulitmu menjadi kusam dan terlihat seperti tas lama kan?



4. Cara membersihkan
Tas berbahan kulit sebenarnya jauh lebih mudah dibersihkan daripada bahan lainnya karena tidak perlu dicuci menggunakan air dan deterjen. Jika terlihat noda atau jamur pada tas kulit, cara membersihkannya hanya dengan menggunakan lotion, sabun khusus kulit atau bahan alami seperti minyak zaitun dan jeruk lemon. Oleskan lotion, sabun, minyak zaitun ataupun perasan jeruk lemon pada kain lembut (microfiber) terlebih dahulu, jangan langsung mengoleskannya ke tas, lalu gunakanlah kain lembut (microfiber) tersebut untuk membersihkan jamur atau noda pada tas. Gunakanlah gerakan satu arah untuk menggosok tas agar tekstur kulitnya tidak rusak, misal gerakan dari atas ke bawah atau kiri ke kanan.

5. Jauhkan dari air
Bila kamu ingin tas kulit kamu lebih awet dipakai, hindarilah meletakkan tas kamu ditempat yang lembab, apalagi kalau sampai terkena air. Air dan tempat yang lembab merupakan tempat jamur tumbuh subur. Selain itu, meletakkannya di tempat yang lembab juga dapat menimbulkan tas kulit bau apek yang tidak sedap. Bila tas kamu sudah terlanjur terkena air, segera keringkan dengan menggunakan tissue atau lap kering microfiber karena lap microfiber sangat cepat menyerap air. Selain itu kain microfiber yang lembut akan mengurangi intensitas gesekan pada tas sehingga meminimalisir munculnya goresan pada tas.

6. Hindari bahan ini
Saat kamu membersihkan tas menggunakan produk tertentu, ada baiknya kamu perhatikan bahan yang terkandung di dalam produk tersebut. Jangan gunakan produk tersebut untuk membersihkan tas kamu jika ternyata produk pembersih tersebut mengandung pelarut petroleum, minyak petroleum dan silikon. Bahan-bahan tersebut dapat meninggalkan noda dan merusak tekstur tas kulit. Hindari pula menggunakan pakaian berbahan jeans saat kamu menggunakan tas kulit. Karena pada saat membawanya, tas pasti akan bersentuhan dengan celana atau baju jeans kamu. Gesekan yang terjadi antara jeans dengan tas kulit dapat beresiko memunculkan goresan dan merusak tekstur kulit luar tas.

 mipacko



Tidak ada komentar:

Posting Komentar