Pengertian Cleaning Service
Cleaning Service terdiri dari 2 kata yaitu cleaning dan service.
Cleaning artinya membersihkan dan service artinya melayani/pelayanan. Jadi bisa
diartikan pelayanan kebersihan.
Kebersihan memiliki syarat-syarat sesuai dengan kenyamanan alamiah
pancaindera, secara kasat mata; rapih, tidak bau, dan apabila diraba tidak
menimbulkan bekas kotor di tangan. Syarat kesehatan secara higienis juga
diharuskan yaitu bebas dari kuman dan bakteri, yang timbul dari debu, sampah
dan kotoran terutama dari lantai dan toilet. Syarat berikutnya adalah syarat 5R
(Resik, Ringkas, Rapi, Rawat & Rajin) yaitu setiap proses pembersihan
memperhatikan pengaturan dan penataan lingkungan, baik itu indoor maupun
outdoor.
Pelayanan kebersihan dilakukan secara profesional dan ketulusan
dalam melayani pelanggan, hal ini bisa diwujudkan dengan 3S (senyum, salam dan
sapa). Dengan dedikasi yang tinggi dalam pekerjaan dan mematuhi norma dan
peraturan dalam lingkungan kerja, sehingga tercipta peningkatan produktivitas
pelanggan dalam aktivitas kerjanya. Tujuan lain dari pelayanan kebersihan ini
adalah untuk tetap memberikan nilai teknis aset pelanggan, meningkatkan
efisiensi dalam manajemen pemeliharaan, dan memberikan citra positiv di
kalangan mitra kerja, mitra usaha dan masyarakat.
Perusahaan Jasa Cleaning Service Pertama di Indonesia
Profesi Cleaning Servis di Indonesia dikenal
mulai tahun 1960. Pada waktu itu Cleaning Servis belum berkembang seperti
sekarang ini karena pengguna jasanya belum banyak mengenal dan membutuhkan.
Mungkin juga karena belum banyak gedung bertingkat yang dikelola oleh swasta.
Kegiatan pembersihan di gedung perkantoran saat itu masih dilayani oleh pegawai
kantor itu sendiri dengan cara yang masih sederhana dengan hanya peralatan
seadanya, belum ada yag menggunakan mesin seperti sekarang. Juga tidak mengenal
pembersih khusus seperti sekarang ini. Pada tahun 1970, Jasa Cleaning Servis
muncul bareng dengan pembangunan Hotel Indonesia dan gedung Sarinah di Jalan
M.H. Thamrin, Jakarta, bernama PT. Setrasari yang tercatat sebagai perusahaan
jasa kebersihan pertama di Indonesia.
Pada 1980, gedung Kementerian Kehutananan,
Manggala Wanabakti, didirikan dan menjadi momentum munculnya terobosan baru
dalam dunia klining servis Indonesia. Di era 80-an, gedung Manggala Wanabakti
merupakan gedung yang paling megah dan sulit pengerjaannya dengan permukaan
lantai berbahan parquet, berikut ornamen yang cukup rumit dan detail di
sekeliling ruangan dalam. Dibutuhkan ketelitian dan teknologi tepat guna untuk
pemeliharaannya. Adalah Franz Tjhandra Purnama yang berada di bawah bendera PT.
Resik Cemerlang mampu menangkap peluang yang ditimbulkan dari kerumitan
pengerjaan Gedung Manggala Wanabakti. Setelah kontrak ditandatangani dan
disepakati, Franz menunjukkan keseriusannya dengan memberi terobosan inovatif
pada masanya. Ia mulai menanamkan akar perubahan modernisasi bisnis klining
servis dengan mengadopsi sistem klining servis dari Belanda. Terobosan yang
dilakukan oleh pria kelahiran Surabaya ini dinilai cukup berani dengan
mengimpor alat dan bahan kimia klining servis dari Belanda dan Jerman, seperti
sprayer sampai mesin low speed polisher dan scrubber.
Manfaat
Menggunakan Jasa Kebersihan untuk Kantor
Perusahaan
yang menawarkan jasa kebersihan kantor / jasa cleaning service untuk perusahaan
komersial. Mereka adalah perusahaan yang berniat untuk menyediakan jasa
kebersihan / jasa cleaning service seperti membersihkan karpet, membersihkan
jendela, pembuangan sampah, membersihkan kursi-kursi / sofa, manajemen kantor,
dan pemeliharaan fasilitas.
Meskipun
banyak manfaat menyewa jasa kebersihan kantor / jasa cleaning service, masih
ada beberapa perusahaan bisnis yang lebih memilih untuk mempekerjakan petugas
pembersih / cleaner mereka sendiri. Namun, jika pengusaha akan mempertimbangkan
menurunkan manfaat dari kedua belah pihak, menyewa sebuah perusahaan yang
bergerak di bidang jasa cleaning service / jasa kebersihan kantor profesional
adalah pilihan yang tepat. Di bawah ini adalah manfaat dari menyewa jasa
cleaning service / jasa kebersihan kantor profesional :
1. Tidak
perlu merekrut karyawan baru. Jika Anda ingin menggunakan tenaga pembersih
kantor sendiri maka anda perlu merekrut orang-orang yang mengkhususkan diri di
kantor untuk membersihkan kantor. Hal tentang ini adalah bahwa selain dari
pengeluaran uang untuk biaya perekrutan, Pengusaha juga akan menghabiskan uang
pajak dan manfaat. Dibandingkan dengan mempekerjakan atau menyewa jasa
kebersihan kantor / jasa cleaning sevice, pengusaha tidak perlu menghabiskan
sumber daya mereka hanya untuk menyediakan karyawan dengan gaji mereka. Mereka
hanya akan membayar perusahaan jasa kebersihan / jasa cleaning service untuk
mereka dan itu akan menjadi tanggung jawab mereka untuk menyediakan karyawan
mereka dengan gaji dan tunjangan.
2. Tidak
perlu budget pembelian peralatan dan produk pembersih. Keuntungan yang
diperoleh dari pengusaha adalah mereka dapat menghemat uang dari biaya
pemeliharaan. Mereka tidak perlu membeli peralatan dan produk yang dibutuhkan
untuk membersihkan kantor dan pemeliharaan.
3. Lebih
fokus pada bisnis itu sendiri. Mungkin keuntungan yang paling penting dari
menyewa jasa kebersihan / jasa cleaning service adalah bahwa mereka memberi
Anda ketenangan pikiran. Alasan mengapa pengusaha harus mempekerjakan
perusahaan-perusahaan ini adalah untuk memastikan bahwa kantor mereka akan
menjadi bersih dan terorganisir. Dengan begitu, mereka bisa berkonsentrasi pada
hal-hal yang lebih penting dari bisnis mereka. Selanjutnya, karyawan mereka
dapat fokus pada tugas-tugas yang lebih produktif daripada menghabiskan waktu
yang berharga untuk hal – hal yang bersifat membersihkan.
Klining Service |
Jasa Yang dapat diberikan Perusahaan Cleaning Service
General Cleaning
Dikatakan sebagai General Cleaning
Service biasa karena hanya meliputi jenis pengerjaan kebersihan yang umum
dilakukan oleh orang umum atau orang biasa yang bukan dari jasa cleaning
service. Misalnya lap, pel, sapu, cuci kaca.
Office Boy & Tea Lady
Di sebuah kantor, semua orang yang bekerja disana
memberikan sumbangan yang penting untuk kemajuan kantor. Mulai dari atasan
sampai office boy semua memiliki tugasnya masing-masing untuk menunjang semua
pekerjaan yang ada di kantor.
Setiap
profesi tersebut pasti memilik job description yang akan menjelaskan tentang
pekerjaan yang harus dijalankan setiap harinya. Tugas-tugas tersebut harus
dilakukan sesuai dengan yang sudah disepakati agar pekerjaan yang ada di kantor
dapat selesai dengan cepat dan tepat.
Office
boy adalah salah satu profesi pekerjaan yang juga sangat mempengaruhi
keberhasilan suatu kantor. Walaupun banyak orang mengira pekerjaan yang
dilakukan oleh seorang office boy adalah pekerjaan yang tidak penting.
Berikut
ini adalah beberapa peran penting yang dilakukan oleh seorang office boy di
sebuah kantor. Peran yang dilakukan pasti sangat membantu banyak orang yang ada
di sebuah kantor.
•
Membantu soal surat menyurat. Seorang office boy akan membantu setiap karyawan
untuk membantu memberikan surat kepada setiap karyawan.
•
Membantu merapikan ruang kantor. Setiap orang akan bekerja dengan baik jika
ruangan kantor tetap bersih. Pekerjaan juga akan cepat dikerjakan jika suasana
kantor menyenangkan.
•
Membuatkan minuman untuk tamu. Jika ada tamu kantor yang bertandang, office boy
bisa membuatkan minuman untuk tamu tersebut.
•
Membantu pekerjaan karyawan. Jika karyawan memiliki banyak pekerjaan dan ingin
melakukan foto kopi, karyawan tersebut bisa minta tolong untuk melakukannya
untuk dia. Pekerjaan yang sederhana ini sangat menolong kinerja di dalam kantor
tersebut.
•
Membantu mencuci piring dan gelas. Jika karyawan membutuhkan bantuan untuk
mencuci gelas dan piring yang sudah dipakai, mereka bisa meminta bantuan office
boy untuk melakukannya. Gelas dan piring yang bersih bisa digunakan kembali
oleh para karyawan.
Demikianlah
beberapa tugas dari office boy yang tentu saja membantu setiap karyawan lain
untuk bisa bekerja dengan baik. Jika mereka tidak ada, kantor pasti akan
terlihat tidak terawat dan pekerjaan yang dilakukan tidak akan maksimal karena
suasana bekerja yang tidak nyaman.
Messenger Office
Messenger
Office identik dengan kata mengirim atau mengantar
sesuatu, Messenger Office ini nama sebutan dari bahasa kasarnya
kurir tapi disini Messenger bisa menjadi apa saja atau multiguna pekerjaan
Messenger perusahaan itu sendiri membantu mengirim hardcopy,barang atau
bisa juga sesuatu yang sangat privasi untuk di kirim ke perusahaan yang
bekerjasama dengan perusahaan atau instansi-instansi yang berkepentingan dengan
perusahaan ini.
Sehingga
dalam suatu perusahaan sangatlah penting pekerjaan sebagai
Messenger Office. Terkadang sulit untuk mempercayai biro jasa pengiriman
langsung karena adanya kesalahan dalam pengiriman dari Biro Jasa tersebut
misalkan: salah mengirimkan dokumen ke perusahaan lain yang seharusnya dokumen
tersebut sudah sampai di perusahaan hingga menjadi tidak efektif dan
memakan waktu, tapi bila memperkerjakan Messenger bisa sangat efisien
di karenakan Messenger itu sendiri bisa tinggal di kantor sehingga
dapat berguna untuk urusan pengiriman darurat.
Pekerjaan Messenger sendiri pun banyak yang dikerjakan
setiap harinya antara lain :
1. Mengirim cek giro
Messenger mengirim cek untuk di cairkan melalui bank – bank.
Biasanya cek giro ini berisi transaksi lebih dari 50jt jadi transaksi tidak
bisa sembarangan, jadi butuh orang kepercayaan.
2. Mengantar dan pengambilan dokumen perusahaan
yaitu membawa surat surat atau berkas berkas yang sangatlah
penting bagi perusahaannya berupa:
Akte perusahaan, Sertifikat asli perusahaan, serta
dokumen penting lainnya.
Dokumen ini biasanya di kirim untuk kepentingan perusahaan baik
yang berhubungan dengan bank untuk bahan pertimbangan kredit atau syarat syarat
untuk kredit perusahaan.
3. Mengambil dokumen atau rekening koran(bukti transaksi
pengeluaran dari perusahaan) dimana tugas ini sangatlah penting maka dalam
pengambilan ini biasanya sudah di buat surat kuasa sebelumnya dimana surat
kuasa itu sendiri sudah di tanda tangani oleh manager atau seseorang yang
memberikan perintah kepada messanger itu untuk pengambilan document atau pun
berkas-berkas penting perusahaan.
4. Perpanjangan perizinan
Messenger itu hanya mengirim berkas-berkas yang berhubungan dengan peizinan saja atau pembayaran uang perijinan.
Messenger itu hanya mengirim berkas-berkas yang berhubungan dengan peizinan saja atau pembayaran uang perijinan.
Receptionist/Operator
Resepsionis mempunyai banyak tugas dan tanggung jawab, seperti
menjawab telepon dan menerima dan mengirim fax, menerima email dan menjawab
email, juga menerima visitor dan menjaga image perusahaan karena recepsionis
adalah orang yang pertama diajak berbicara sebelum visitor diteruskan ke bagian
departemen yang bersangkutan.
Gardener
Gardener adalah bagian yang bertanggung
jawab dalam hal pemeliharaan tanaman dan kebun yang ada di Hotel.
Gardener Bertanggung Jawab dalam hal penyedian bunga atau kembang
untuk dekorasi di kamar maupun di area hotel yang lainnya seperti Loby,
Restoran, Rest Room. Gardener juga membibit atau mencangkok bunga untuk keperluan
regenerasi tamanan. kerapian dan keindahan taman sangat tergantung dari
sentuhan seorang gardener. tugas lainnya adalah memupuk dan menyiram semua
tanaman yang ada di Hotel. Seorang Gardener memiliki Duties and
Responsibilities terhadap hasil dan kinerjana sesuai Job Description yang
sudah ditetapkan oleh atasannya atau Supervisor Gardener.
Handyman
Seorang tukang atau handyman adalah orang yang terampil di
berbagai perbaikan, biasanya di sekitar rumah. Tugas ini meliputi keterampilan
perdagangan, pekerjaan perbaikan, pekerjaan pemeliharaan, baik interior dan
eksterior, dan kadang-kadang digambarkan sebagai "serabutan",
memperbaiki, dan termasuk pekerjaan pipa ringan seperti memperbaiki toilet
bocor atau pekerjaan listrik ringan seperti seperti mengganti lampu.
Tugas Handyman
Perbaikan bangunan (cement repair), mengecat,
plumbing (pipa ledeng/ masalah air), masalah listrik, perbaikan instalasi, perbaikan plesteran, pemeliharaan bangunan terhadap
cuaca, perbaikan kusen jendela dan pintu, dan lain-lain.
Pest Control
Mungkin ada yang
bertanya Apa sih Pest Control? Pest control
adalah dalam bahasa Indonesia berarti pengendalian hama adalah suatu
proses usaha untuk mengurangi dan atau mematikan berbagai serangga dan hama
yang sifatnya mengganggu atau merusak atau yang tidak diinginkan baik itu yang
berada dilingkungan rumah tangga, industri ataupun komersil.
Beberapa serangga memang
bersifat mengganggu dan ada yang cenderung merusak. Hama yang mengganggu
tersebut antara lain adalah kecoa, lalat, nyamuk, dan lainnya. Sedangkan hama
yang selain bersifat mengganggu juga cenderung merusak. Hama atau serangga ini
antara lain: Tikus, yang selain mengganggu juga bersifat merusak karena
sifatnya yang suka mengerat, juga rayap yang merupakan hama paling berbahaya
bagi bangunan. Dimana jika tempat tinggal kita sudah terhinggapi rayap maka
akan sulit sekali untuk memberantasnya.
Untuk mengatasi
permasalahan tersebut tidak lah semudah yang di bayangkan, di pasar memang
terdapat beberapa obat atau pun racun, perangkap dan sebagainya untuk beberapa
hama tersebut, namun pada kenyataannya produk pasar tersebut tidaklah terlalu
menolong. Kenapa? Pada sejatinya hama adalah mahluk hidup sama seperti manusia,
mempunyai kebiasaan, mempunya pola. Dan yang harus diperhatikan adalah tidak
ada yang bisa memusnahkan habitat hama di suatu tempat tertentu. Namun hama
bisa di kendalikan, bisa di alihkan, bisa di minimalisir populasinya. Dengan
banyaknya permasalahan hama tersebut, maka dibutuhkanlah sebuah jasa yang
khusus untuk menangani masalah hama tersebut, dan jasa tersebut adalah jasa
pest control. seorang yang terjun di bidang Jasa pest control tidaklah
sembarangan, mereka harus bersertifikat, harus terlatih dan harus mengetahui
tingkah laku hama yang akan di kendalikan.
High Level Cleaning
Pembersihan dan pemeliharaan kaca luar dan tembok luar gedung
bertingkat memiliki resiko yang tinggi, oleh karena itu pembersihan di tempat
tinggi tersebut dilakukan oleh tenaga profesional dan peralatan yang aman dan
memadai.
Dalam proses pembersihan kaca gedung, banyak
metode yang digunakan termasuk penggunaan alat pembersih kaca gedung.
Berikut beberapa alat pembersih kaca gedung yang di gunakan :
1. Rope Access / Akses Tali
Alat
pembersih kaca gedung yang biasa digunakan adalah akses tali (alat panjat
tebibg). Sebuah sistem keamanan dalam penggunaan akses tali. Menggunakan 2 tali
yaitu working line dan safety line. Jadi,
jika working line putus maka masih ada safety line sehingga
pekerja tidak akan terjatuh. Penggunaan akses tali ini akan membuat biaya
pengerjaan jauh lebih murah dan lebih cepat.
Panjat Gedung |
2.
Gondola
Gondola
merupakan sebuah alat pembersih kaca gedung di mana alat ini
difungsikan untuk menampung service man dalam proses
pembersihan kaca gedung. Alat ini biasa dipakai oleh gedung-gedung tinggi.
Proses pembersihan kaca gedung dengan metode ini membutuhkan instalasi yang
cukup mahal, proses pengerjaan yang memakan waktu lama, serta keamanan yang
kurang. Dengan menggunakan gondola, apabila medan pekerjaan di gedung yang
sangat tinggi, maka kemungkinan tekanan angin semakin kencang sehingga gondola
bisa goyang karena terkena terpaan angin.
3. Mobil
Crane
Mobil
crane merupakan sebuah alat pembersih kaca gedung dengan bantuan mobil yang
bisa membawa service man untuk naik ke atas gedung. Dalam
penggunaan mobil crane, medan pekerjaan yang bisa dijangkau terbatas. Mobil
crane tidak bisa menjangkau medan pekerjaan yang tinggi.
4.
Scaffolding
Scaffolding
atau steiger merupakan alat pembersih kaca gedung yang terdiri dari susunan
besi-besi guna membantu service man untuk menjangkau
tempat-tempat yang tinggi. Scaffolding biasa digunakan untuk pembersihan kaca
dalam gedung.
Organisasi
Cleaning Service
APKLINDO
Pada
tahun 1980, beberapa pengusaha Jasa Cleaning Service berinisiatif untuk
mengoptimalkan kinerja usaha mereka dengan membentuk suatu wadah yang dinamakan
Himpunan Pengusaha Jasa Kebersihan Indonesia yang disingkat HIPJAKI. Dalam
perjalanannya, HIPJAKI mengalami beberapa kendala teknis sehingga HIPJAKI
terkesan tidak berkembang. Sejak itu, beberapa pengusaha Jasa Cleaning Servis
menjajaki kemungkinan kerja sama yang lain dengan membentuk Koperasi Pengusaha
Cleaning Servis. Setelah dikonsultasikan dengan KADIN JAYA serta ditambah
beberapa pertimbangan, muncul ide untuk membentuk sebuah Asosiasi Perusahaan
Cleaning Servis. Para inisiator itu dikoordinir oleh Bapak Bobby Gerungan, dan
para pengusaha Cleaning Servis akhirnya berhasil membentuk Asosiasi Perusahaan
Klining Indonesia yang disingkat APKLINDO.
Visi dan Misi Apklindo
Visi
Menciptakan badan usaha jasa klining servis menjadi badan usaha nasional yang profesional, jujur, bertanggung jawab dan sanggup bersaing dalam pasar global serta meningkatkan pranserta dalam pembangunan nasional untuk mengembangkan pembangunan ekonomi Nasional, menciptakan lapangan kerja dan lingkungan hidup yang bersih, nyaman dan sehat.
Misi
1. Menghimpun badan usaha yang bergerak
dibidang jasa klining dalam satu wadah organisasi.
2. Membangun pusat pendidikan,
pelatihan, penelitian dan pengembangan serta menyelenggarakan pendidikan dan
pelatihan bagi anggotanya dalam upaya menciptakan badan usaha nasional yang
professional dan betanggung jawab serta sanggup bersaing dalam pasar global.
3. Menyelenggarakan penyuluhan dan
pelatihan bagi tenaga kerja jasa klining service dalam upaya meningkatkan
sumber daya manusia agar menjadi pekerja yang terdidik, terlatih, jujur dan
bertanggung jawab serta memiliki kompetensi tenaga ahli.
4. Memberikan informasi dan
penyuluhan pada badan usaha klining servis dalam menggunakan obat-obatan dan
badan kimia yang tidak merusak lingkungan.
5. Membangun komunikasi dan
kerjasama dengan lembaga-lembaga dan badan usaha nasional maupun internasional dalam
upaya menciptakan lingkungan hidup yang brsih, yaman dan sehat.
6. Membina hubungan konsepsional dan
program kemitraan yang senergis dengan pemberi kerja baik nasional maupun
internasional.
7. Membangun terciptanya hubungan kemitraan
yang sinergis antara usaha ekonomi kuat, menengah, lemah.
8. Membangun terciptanya rasa
kesetiakawannan sesama badan Usaha Jasa Klining servis untuk menghindari
terjadinya persaingan usaha yang tidak sehat.
9. Membangun komunikasi informasi dan
memberikan bimbingan serta penyuluhan dalam upaya pengembangan usaha jasa
klening servis kepada setiap anggota dengan adil.
10. Membangun forum komunikasi dan
informasi antar anggota, Pemerintah dan pihak terkait sebagai sarana
komunikasi, informasi, dan promosi dunia usaha jasa klining servis.
11. Membangun kemitraan yang sirnergis dengan
pemerintah dan pihak-pihak terkait dalam upaya mendirikan Lembaga
Pengembangan Kompetensi Tenaga Kerja Ahli Pekerjaan Jasa Klining Service.
12. Melaksanakan usaha-usaha lain yang syah
dan halal serta tidak bertentangan dengan landasan organisasi.
(dari berbagai sumber).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar