microfiber

microfiber
mipacko

Kamis, 22 September 2016

Eksistensi Jasa Cleaning Service di Indonesia



Pengertian Cleaning Service

Cleaning Service terdiri dari 2 kata yaitu cleaning dan service. Cleaning artinya membersihkan dan service artinya melayani/pelayanan. Jadi bisa diartikan pelayanan kebersihan. 

Kebersihan memiliki syarat-syarat sesuai dengan kenyamanan alamiah pancaindera, secara kasat mata; rapih, tidak bau, dan apabila diraba tidak menimbulkan bekas kotor di tangan. Syarat kesehatan secara higienis juga diharuskan yaitu bebas dari kuman dan bakteri, yang timbul dari debu, sampah dan kotoran terutama dari lantai dan toilet. Syarat berikutnya adalah syarat 5R (Resik, Ringkas, Rapi, Rawat & Rajin) yaitu setiap proses pembersihan memperhatikan pengaturan dan penataan lingkungan, baik itu indoor maupun outdoor. 

Pelayanan kebersihan dilakukan secara profesional dan ketulusan dalam melayani pelanggan, hal ini bisa diwujudkan dengan 3S (senyum, salam dan sapa). Dengan dedikasi yang tinggi dalam pekerjaan dan mematuhi norma dan peraturan dalam lingkungan kerja, sehingga tercipta peningkatan produktivitas pelanggan dalam aktivitas kerjanya. Tujuan lain dari pelayanan kebersihan ini adalah untuk tetap memberikan nilai teknis aset pelanggan, meningkatkan efisiensi dalam manajemen pemeliharaan, dan memberikan citra positiv di kalangan mitra kerja, mitra usaha dan masyarakat.

Perusahaan Jasa Cleaning Service Pertama di Indonesia

Profesi Cleaning Servis di Indonesia dikenal mulai tahun 1960. Pada waktu itu Cleaning Servis belum berkembang seperti sekarang ini karena pengguna jasanya belum banyak mengenal dan membutuhkan. Mungkin juga karena belum banyak gedung bertingkat yang dikelola oleh swasta. Kegiatan pembersihan di gedung perkantoran saat itu masih dilayani oleh pegawai kantor itu sendiri dengan cara yang masih sederhana dengan hanya peralatan seadanya, belum ada yag menggunakan mesin seperti sekarang. Juga tidak mengenal pembersih khusus seperti sekarang ini. Pada tahun 1970, Jasa Cleaning Servis muncul bareng dengan pembangunan Hotel Indonesia dan gedung Sarinah di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta, bernama PT. Setrasari yang tercatat sebagai perusahaan jasa kebersihan pertama di Indonesia. 

Pada 1980, gedung Kementerian Kehutananan, Manggala Wanabakti, didirikan dan menjadi momentum munculnya terobosan baru dalam dunia klining servis Indonesia. Di era 80-an, gedung Manggala Wanabakti merupakan gedung yang paling megah dan sulit pengerjaannya dengan permukaan lantai berbahan parquet, berikut ornamen yang cukup rumit dan detail di sekeliling ruangan dalam. Dibutuhkan ketelitian dan teknologi tepat guna untuk pemeliharaannya. Adalah Franz Tjhandra Purnama yang berada di bawah bendera PT. Resik Cemerlang mampu menangkap peluang yang ditimbulkan dari kerumitan pengerjaan Gedung Manggala Wanabakti. Setelah kontrak ditandatangani dan disepakati, Franz menunjukkan keseriusannya dengan memberi terobosan inovatif pada masanya. Ia mulai menanamkan akar perubahan modernisasi bisnis klining servis dengan mengadopsi sistem klining servis dari Belanda. Terobosan yang dilakukan oleh pria kelahiran Surabaya ini dinilai cukup berani dengan mengimpor alat dan bahan kimia klining servis dari Belanda dan Jerman, seperti sprayer sampai mesin low speed polisher dan scrubber.

Manfaat Menggunakan Jasa Kebersihan untuk Kantor

Perusahaan yang menawarkan jasa kebersihan kantor / jasa cleaning service untuk perusahaan komersial. Mereka adalah perusahaan yang berniat untuk menyediakan jasa kebersihan / jasa cleaning service seperti membersihkan karpet, membersihkan jendela, pembuangan sampah, membersihkan kursi-kursi / sofa, manajemen kantor, dan pemeliharaan fasilitas.

Meskipun banyak manfaat menyewa jasa kebersihan kantor / jasa cleaning service, masih ada beberapa perusahaan bisnis yang lebih memilih untuk mempekerjakan petugas pembersih / cleaner mereka sendiri. Namun, jika pengusaha akan mempertimbangkan menurunkan manfaat dari kedua belah pihak, menyewa sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa cleaning service / jasa kebersihan kantor profesional adalah pilihan yang tepat. Di bawah ini adalah manfaat dari menyewa jasa cleaning service / jasa kebersihan kantor profesional :

1. Tidak perlu merekrut karyawan baru. Jika Anda ingin menggunakan tenaga pembersih kantor sendiri maka anda perlu merekrut orang-orang yang mengkhususkan diri di kantor untuk membersihkan kantor. Hal tentang ini adalah bahwa selain dari pengeluaran uang untuk biaya perekrutan, Pengusaha juga akan menghabiskan uang pajak dan manfaat. Dibandingkan dengan mempekerjakan atau menyewa jasa kebersihan kantor / jasa cleaning sevice, pengusaha tidak perlu menghabiskan sumber daya mereka hanya untuk menyediakan karyawan dengan gaji mereka. Mereka hanya akan membayar perusahaan jasa kebersihan / jasa cleaning service untuk mereka dan itu akan menjadi tanggung jawab mereka untuk menyediakan karyawan mereka dengan gaji dan tunjangan.

2. Tidak perlu budget pembelian peralatan dan produk pembersih. Keuntungan yang diperoleh dari pengusaha adalah mereka dapat menghemat uang dari biaya pemeliharaan. Mereka tidak perlu membeli peralatan dan produk yang dibutuhkan untuk membersihkan kantor dan pemeliharaan.

3. Lebih fokus pada bisnis itu sendiri. Mungkin keuntungan yang paling penting dari menyewa jasa kebersihan / jasa cleaning service adalah bahwa mereka memberi Anda ketenangan pikiran. Alasan mengapa pengusaha harus mempekerjakan perusahaan-perusahaan ini adalah untuk memastikan bahwa kantor mereka akan menjadi bersih dan terorganisir. Dengan begitu, mereka bisa berkonsentrasi pada hal-hal yang lebih penting dari bisnis mereka. Selanjutnya, karyawan mereka dapat fokus pada tugas-tugas yang lebih produktif daripada menghabiskan waktu yang berharga untuk hal – hal yang bersifat membersihkan.

Klining Service 


Jasa Yang dapat diberikan Perusahaan Cleaning Service

General Cleaning

Dikatakan sebagai General Cleaning Service biasa karena hanya meliputi jenis pengerjaan kebersihan yang umum dilakukan oleh orang umum atau orang biasa yang bukan dari jasa cleaning service. Misalnya lap, pel, sapu, cuci kaca.

Office Boy & Tea Lady

Di sebuah kantor, semua orang yang bekerja disana memberikan sumbangan yang penting untuk kemajuan kantor. Mulai dari atasan sampai office boy semua memiliki tugasnya masing-masing untuk menunjang semua pekerjaan yang ada di kantor.

Setiap profesi tersebut pasti memilik job description yang akan menjelaskan tentang pekerjaan yang harus dijalankan setiap harinya. Tugas-tugas tersebut harus dilakukan sesuai dengan yang sudah disepakati agar pekerjaan yang ada di kantor dapat selesai dengan cepat dan tepat.

Office boy adalah salah satu profesi pekerjaan yang juga sangat mempengaruhi keberhasilan suatu kantor. Walaupun banyak orang mengira pekerjaan yang dilakukan oleh seorang office boy adalah pekerjaan yang tidak penting.
Berikut ini adalah beberapa peran penting yang dilakukan oleh seorang office boy di sebuah kantor. Peran yang dilakukan pasti sangat membantu banyak orang yang ada di sebuah kantor.

• Membantu soal surat menyurat. Seorang office boy akan membantu setiap karyawan untuk membantu memberikan surat kepada setiap karyawan.

• Membantu merapikan ruang kantor. Setiap orang akan bekerja dengan baik jika ruangan kantor tetap bersih. Pekerjaan juga akan cepat dikerjakan jika suasana kantor menyenangkan.

• Membuatkan minuman untuk tamu. Jika ada tamu kantor yang bertandang, office boy bisa membuatkan minuman untuk tamu tersebut.

• Membantu pekerjaan karyawan. Jika karyawan memiliki banyak pekerjaan dan ingin melakukan foto kopi, karyawan tersebut bisa minta tolong untuk melakukannya untuk dia. Pekerjaan yang sederhana ini sangat menolong kinerja di dalam kantor tersebut.

• Membantu mencuci piring dan gelas. Jika karyawan membutuhkan bantuan untuk mencuci gelas dan piring yang sudah dipakai, mereka bisa meminta bantuan office boy untuk melakukannya. Gelas dan piring yang bersih bisa digunakan kembali oleh para karyawan.

Demikianlah beberapa tugas dari office boy yang tentu saja membantu setiap karyawan lain untuk bisa bekerja dengan baik. Jika mereka tidak ada, kantor pasti akan terlihat tidak terawat dan pekerjaan yang dilakukan tidak akan maksimal karena suasana bekerja yang tidak nyaman.

Messenger Office

Messenger Office identik dengan kata mengirim atau mengantar sesuatu, Messenger Office ini nama sebutan dari bahasa kasarnya kurir tapi disini Messenger bisa menjadi apa saja atau multiguna pekerjaan Messenger perusahaan itu sendiri membantu mengirim hardcopy,barang atau bisa juga sesuatu yang sangat privasi untuk di kirim ke perusahaan yang bekerjasama dengan perusahaan atau instansi-instansi yang berkepentingan dengan perusahaan ini.

Sehingga dalam suatu perusahaan sangatlah penting pekerjaan sebagai Messenger Office. Terkadang sulit untuk mempercayai biro jasa pengiriman langsung karena adanya kesalahan dalam pengiriman dari Biro Jasa tersebut misalkan: salah mengirimkan dokumen ke perusahaan lain yang seharusnya dokumen tersebut sudah sampai di perusahaan  hingga menjadi tidak efektif dan memakan waktu, tapi bila memperkerjakan Messenger bisa sangat efisien di karenakan Messenger itu sendiri bisa tinggal di kantor sehingga dapat berguna untuk urusan pengiriman darurat.
Pekerjaan Messenger sendiri pun banyak yang dikerjakan setiap harinya antara lain :

1. Mengirim cek giro
Messenger mengirim cek untuk di cairkan melalui bank – bank. Biasanya cek giro ini berisi transaksi lebih dari 50jt jadi transaksi tidak bisa sembarangan, jadi butuh orang kepercayaan.

2. Mengantar dan pengambilan dokumen perusahaan 
yaitu membawa surat surat atau berkas berkas yang sangatlah penting bagi perusahaannya berupa:
Akte  perusahaan, Sertifikat asli perusahaan, serta dokumen penting lainnya.
Dokumen ini biasanya di kirim untuk kepentingan perusahaan baik yang berhubungan dengan bank untuk bahan pertimbangan kredit atau syarat syarat untuk kredit perusahaan.

3. Mengambil dokumen atau rekening koran(bukti transaksi pengeluaran dari perusahaan) dimana tugas ini sangatlah penting maka dalam pengambilan ini biasanya sudah di buat surat kuasa sebelumnya dimana surat kuasa itu sendiri sudah di tanda tangani oleh manager atau seseorang yang memberikan perintah kepada messanger itu untuk pengambilan document atau pun berkas-berkas penting perusahaan.

4. Perpanjangan perizinan
Messenger itu hanya mengirim berkas-berkas yang berhubungan dengan peizinan saja atau pembayaran uang perijinan.
Receptionist/Operator
Resepsionis mempunyai banyak tugas dan tanggung jawab, seperti menjawab telepon dan menerima dan mengirim fax, menerima email dan menjawab email, juga menerima visitor dan menjaga image perusahaan karena recepsionis adalah orang yang pertama diajak berbicara sebelum visitor diteruskan ke bagian departemen yang bersangkutan.

Gardener

Gardener adalah bagian yang bertanggung jawab dalam hal pemeliharaan tanaman dan kebun yang ada di Hotel. Gardener Bertanggung Jawab dalam hal penyedian bunga atau kembang untuk dekorasi di kamar maupun di area hotel yang lainnya seperti Loby, Restoran, Rest Room. Gardener juga membibit atau mencangkok bunga untuk keperluan regenerasi tamanan. kerapian dan keindahan taman sangat tergantung dari sentuhan seorang gardener. tugas lainnya adalah memupuk dan menyiram semua tanaman yang ada di Hotel. Seorang Gardener memiliki Duties and Responsibilities terhadap hasil dan kinerjana sesuai Job Description yang sudah ditetapkan oleh atasannya atau Supervisor Gardener.

Handyman

Seorang tukang atau handyman adalah orang yang terampil di berbagai perbaikan, biasanya di sekitar rumah. Tugas ini meliputi keterampilan perdagangan, pekerjaan perbaikan, pekerjaan pemeliharaan, baik interior dan eksterior, dan kadang-kadang digambarkan sebagai "serabutan", memperbaiki, dan termasuk pekerjaan pipa ringan seperti memperbaiki toilet bocor atau pekerjaan listrik ringan seperti seperti mengganti lampu. 
Tugas Handyman
Perbaikan bangunan (cement repair), mengecat, plumbing (pipa ledeng/ masalah air), masalah listrik, perbaikan instalasi, perbaikan plesteran, pemeliharaan bangunan terhadap cuaca, perbaikan kusen jendela dan pintu, dan lain-lain.

Pest Control

Mungkin ada yang bertanya Apa sih Pest Control? Pest control adalah dalam bahasa Indonesia berarti pengendalian hama adalah suatu proses usaha untuk mengurangi dan atau mematikan berbagai serangga dan hama yang sifatnya mengganggu atau merusak atau yang tidak diinginkan baik itu yang berada dilingkungan rumah tangga, industri ataupun komersil.
Beberapa serangga memang bersifat mengganggu dan ada yang cenderung merusak. Hama yang mengganggu tersebut antara lain adalah kecoa, lalat, nyamuk, dan lainnya. Sedangkan hama yang selain bersifat mengganggu juga cenderung merusak. Hama atau serangga ini antara lain: Tikus, yang selain mengganggu juga bersifat merusak karena sifatnya yang suka mengerat, juga rayap yang merupakan hama paling berbahaya bagi bangunan. Dimana jika tempat tinggal kita sudah terhinggapi rayap maka akan sulit sekali untuk memberantasnya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut tidak lah semudah yang di bayangkan, di pasar memang terdapat beberapa obat atau pun racun, perangkap dan sebagainya untuk beberapa hama tersebut, namun pada kenyataannya produk pasar tersebut tidaklah terlalu menolong. Kenapa? Pada sejatinya hama adalah mahluk hidup sama seperti manusia, mempunyai kebiasaan, mempunya pola. Dan yang harus diperhatikan adalah tidak ada yang bisa memusnahkan habitat hama di suatu tempat tertentu. Namun hama bisa di kendalikan, bisa di alihkan, bisa di minimalisir populasinya. Dengan banyaknya permasalahan hama tersebut, maka dibutuhkanlah sebuah jasa yang khusus untuk menangani masalah hama tersebut, dan jasa tersebut adalah jasa pest control. seorang yang terjun di bidang Jasa pest control tidaklah sembarangan, mereka harus bersertifikat, harus terlatih dan harus mengetahui tingkah laku hama yang akan di kendalikan.

High Level Cleaning

Pembersihan dan pemeliharaan kaca luar dan tembok luar gedung bertingkat memiliki resiko yang tinggi, oleh karena itu pembersihan di tempat tinggi tersebut dilakukan oleh tenaga profesional dan peralatan yang aman dan memadai.
Dalam proses pembersihan kaca gedung, banyak metode yang digunakan termasuk penggunaan alat pembersih kaca gedung. Berikut beberapa alat pembersih kaca gedung yang di gunakan :

1. Rope Access / Akses Tali
Alat pembersih kaca gedung yang biasa digunakan adalah akses tali (alat panjat tebibg). Sebuah sistem keamanan dalam penggunaan akses tali. Menggunakan 2 tali yaitu working line dan safety line. Jadi, jika working line putus maka masih ada safety line sehingga pekerja tidak akan terjatuh. Penggunaan akses tali ini akan membuat biaya pengerjaan jauh lebih murah dan lebih cepat.


Panjat Gedung
2. Gondola
Gondola merupakan sebuah alat pembersih kaca gedung di mana alat ini difungsikan untuk menampung service man dalam proses pembersihan kaca gedung. Alat ini biasa dipakai oleh gedung-gedung tinggi. Proses pembersihan kaca gedung dengan metode ini membutuhkan instalasi yang cukup mahal, proses pengerjaan yang memakan waktu lama, serta keamanan yang kurang. Dengan menggunakan gondola, apabila medan pekerjaan di gedung yang sangat tinggi, maka kemungkinan tekanan angin semakin kencang sehingga gondola bisa goyang karena terkena terpaan angin.

3. Mobil Crane
Mobil crane merupakan sebuah alat pembersih kaca gedung dengan bantuan mobil yang bisa membawa service man untuk naik ke atas gedung. Dalam penggunaan mobil crane, medan pekerjaan yang bisa dijangkau terbatas. Mobil crane tidak bisa menjangkau medan pekerjaan yang tinggi.

4. Scaffolding
Scaffolding atau steiger merupakan alat pembersih kaca gedung yang terdiri dari susunan besi-besi guna membantu service man untuk menjangkau tempat-tempat yang tinggi. Scaffolding biasa digunakan untuk pembersihan kaca dalam gedung.

Organisasi Cleaning Service

APKLINDO

Pada tahun 1980, beberapa pengusaha Jasa Cleaning Service berinisiatif untuk mengoptimalkan kinerja usaha mereka dengan membentuk suatu wadah yang dinamakan Himpunan Pengusaha Jasa Kebersihan Indonesia yang disingkat HIPJAKI. Dalam perjalanannya, HIPJAKI mengalami beberapa kendala teknis sehingga HIPJAKI terkesan tidak berkembang. Sejak itu, beberapa pengusaha Jasa Cleaning Servis menjajaki kemungkinan kerja sama yang lain dengan membentuk Koperasi Pengusaha Cleaning Servis. Setelah dikonsultasikan dengan KADIN JAYA serta ditambah beberapa pertimbangan, muncul ide untuk membentuk sebuah Asosiasi Perusahaan Cleaning Servis. Para inisiator itu dikoordinir oleh Bapak Bobby Gerungan, dan para pengusaha Cleaning Servis akhirnya berhasil membentuk Asosiasi Perusahaan Klining Indonesia yang disingkat APKLINDO.

Visi dan Misi Apklindo

Visi

Menciptakan badan usaha jasa klining servis menjadi badan usaha nasional yang profesional, jujur, bertanggung jawab dan sanggup bersaing dalam pasar global serta meningkatkan pranserta dalam pembangunan nasional untuk mengembangkan pembangunan ekonomi Nasional, menciptakan lapangan kerja dan lingkungan hidup yang bersih, nyaman dan sehat.

 Misi

1. Menghimpun badan usaha yang bergerak dibidang jasa klining dalam satu wadah organisasi.
2.   Membangun pusat pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengembangan serta menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi anggotanya dalam upaya menciptakan badan usaha nasional yang professional dan betanggung jawab serta sanggup bersaing dalam pasar global.
3.  Menyelenggarakan penyuluhan dan pelatihan bagi tenaga kerja jasa klining service dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia agar menjadi pekerja yang terdidik, terlatih, jujur dan bertanggung jawab serta memiliki kompetensi tenaga ahli.
4.   Memberikan informasi dan penyuluhan pada badan usaha klining servis dalam menggunakan obat-obatan dan badan kimia yang tidak merusak lingkungan.
5.   Membangun komunikasi dan kerjasama dengan lembaga-lembaga dan badan usaha nasional maupun internasional dalam upaya menciptakan lingkungan hidup yang brsih, yaman dan sehat.
6. Membina hubungan konsepsional dan program kemitraan yang senergis dengan pemberi kerja baik nasional maupun internasional.
7. Membangun terciptanya hubungan kemitraan yang sinergis antara usaha ekonomi kuat, menengah, lemah.
8. Membangun terciptanya rasa kesetiakawannan sesama badan Usaha Jasa Klining servis untuk menghindari terjadinya persaingan usaha yang tidak sehat.
9. Membangun komunikasi informasi dan memberikan bimbingan serta penyuluhan dalam upaya pengembangan usaha jasa klening servis kepada setiap anggota dengan adil.
10. Membangun forum komunikasi dan informasi antar anggota, Pemerintah dan  pihak terkait sebagai sarana komunikasi, informasi, dan promosi dunia usaha  jasa klining servis.
11. Membangun kemitraan yang sirnergis dengan pemerintah dan pihak-pihak  terkait dalam upaya mendirikan Lembaga Pengembangan Kompetensi Tenaga  Kerja Ahli Pekerjaan Jasa Klining Service.
12. Melaksanakan usaha-usaha lain yang syah dan halal serta tidak bertentangan  dengan landasan organisasi.

(dari berbagai sumber).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar