microfiber

microfiber
mipacko

Rabu, 12 April 2017

Cara Membersihkan Karat Pada Velg Motor

Kebanyakan orang memiliki motor pasti menginginkan motor nya selalu bersih dan kinclong. Perawatan dengan cara mencuci motor adalah hal yang biasa dilakukan setiap pemilik motor. Namun apakah yang Anda lakukan apabila velg motor anda berkarat..? Berikut tips dan trik untuk membersihkan karat pada velg motor.




Ada baiknya anda wajib mengetahui dulu apa yang menyebabkan karat. Karat merupakan hasil korosi, yaitu oksidasi suatu logam. Besi yang mengalami korosi membentuk karat dengan rumus Fe2O3.xH2O. Korosi atau proses pengaratan merupakan proses elektro kimia. Pada proses pengaratan, besi (Fe) bertindak sebagai pereduksi dan oksigen (O2) yang terlarut dalam air bertindak sebagai pengoksidasi. Persamaan reaksi pembentukan karat sebagai berikut:
Anode: Fe(s) → Fe2+(aq) + 2e-

Katode: O2(g) + 4H+(aq) + 4e- → 2H2O(l)
Karat yang terbentuk pada logam akan mempercepat proses pengaratan berikutnya. Oleh sebab itu, karat disebut juga dengan autokatalis. Mekanisme terjadinya korosi adalah logam besi yang letaknya jauh dari permukaan kontak dengan udara akan dioksidasi oleh ion Fe2+. Ion ini larut dalam tetesan air. Tempat terjadinya reaksi oksidasi di salah satu ujung tetesan air ini disebut anode. elektron yang terbentuk bergerak dari anode ke katode melalui logam. Elektron ini selanjutnya mereduksi oksigen dari udara dan menghasilkan air. Ujung tetesan air tempat terjadinya reaksi reduksi ini disebut katode. Sebagian oksigen dari udara larut dalam tetesan air dan mengoksidasi Fe2+ menjadiFe3+ yang membentuk karat besi (Fe2O3.H2O).
Jadi apa yang Anda lakukan apabila velg motor Anda berkarat ? Yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan peralatan untuk membersihkan karat. 

Alat yang diperlukan :
1. Lap Microfiber
2. Sikat
3. Air Soda
4. Watu Ijo/Langsol
5. Minyak Kayu Putih
6. Sarung tangan karet

Caranya Gunakanlah sarung tangan karet sebelum melalukan aksi pembesihan ini. Lalu sikatlah bagian velg yang berkarat supaya bersih dari kotoran, terus ambil lap Microfiber, lalu tuangkan air soda secukupnya pada lap Microfiber. Kemudian gosok-gosokan pada velg, khususnya di daerah yang mulai berkarat. Reaksi kimia dari Air Soda akan mempermudah pengelupasan karat. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih dan keringkan hingga benar-benar kering. Gunakan air soda yang murni hanya air soda tanpa pemanis. Ini adalah cara menghilangkan karat pada velg yang pertama.





Cara Menghilangkan Karat Pada Velg Sepeda Motor Menggunakan Batu Ijo. Batu ijo sering dikenal dengan nama “watu ijo” atau langsol. Cara menghilangkan karat pada velg seperta motor dengan watu ijo ialah iris-iris watu ijo seperti mengiris gula jawa. Lalu campurkan irisan tersebut dengan minyak kayu putih dan air soda. Buat campuran tidak terlalu kental, namun juga tidak terlalu encer. Gosok larutan tersebut secara merata pada seluruh velg dan ruji roda menggunakan Lap Microfiber. Jika sudah bersih, bilas dengan air, lalu keringkan. Maka setelah itu velg Motor Anda akan menjadi kinclong bersinar. Dengan melakukan perawatan yang cukup sederhana diatas namun dilakukannya secara intensif bisa membuat kilau chrome pada motor anda akan lebih terjaga.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar